Dirbinmas Polda Giat Sosialisasi CPMI Prosedural Di Aula Polres Mesuji

Spread the love

Bintangsatu.com,-Mesuji. Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung dan PT. Citra Putra Indarab, memberi sosialisasi pemahaman dalam melindungi Calon Pekerja Migran Indonesia ( CPMI ) sebagai salah satu upaya dalam memberikan pemahaman tentang prosedur penempatan PMI mulai dari perekrutan hingga penempatan. Kamis, 15/09/22.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten, dihadiri Kapolda Lampung yang diwakili Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Kombes Pol Anang Triarsono, S.I.K., M.Si. Kapolres Mesuji AKBP. Yuli Haryudo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Kepala BP2MI Provinsi Lampung, dan Kepala Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bintang, Pimpinan PT. Citra Putra Indarab, Camat se-Kabupaten Mesuji, serta Kepala Desa se-Kabupaten Mesuji.

Usai acara Pimpinan PT. Citra Putra Indarab, Livian Asnawiyah mengatakan, pentingnya kerjasama dari pemerintah dan stakeholder dalam melakukan pencegahan terhadap pekerja migran yang non prosedural akibat diiming-imingi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

”Hal ini dapat dilakukan dengan mengedukasi masyarakat yang ingin menjadi pekerja migran agar mengikuti prosedur yang ada dalam mengurus persyaratan serta dapat melaporkan segala bentuk kegiatan non prosedural kepada BP2MI”. terangnya.

Ditempat yang sama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) wilayah Mesuji, Ahmad Salabi mengungkap,
”Cara dalam menanggulangi permasalahan PMI adalah, memastikan dokumentasi kependudukan sehingga PMI yang berangkat berdokumen, selain itu Pemda bersama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) akan memfasilitasi dan mensosialisasikan agar PMI yang berangkat ke Luar Negeri memiliki kemampuan dan kompetensi agar siap bekerja”.

“Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh instansi terkait tentang pencegahan pekerja migran non prosedural serta menyebarluaskan informasi kepada masyarakat”. ‘tandasnya. (Edi)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *