Umat Hindu Gelar Upacara Tahun Baru.Saka Secara Sederhana

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawamg, Perayaan hari raya nyepi umat hindu jatuh pada tanggal 3 maret 2022, Hari raya nyepi atau tahun baru saka ke 1944. Pada tanggal 3 maret kamis ini.

Hari raya nyepi merupakan hari raya yang dilakukan secara kesunyian bagi umat hindu yang dijalani selama 24 jam, Hari raya sepi merupakan hari raya untuk renungan dan introfeksi diri yang di jalani selama.24 jam tanpa ada kegiatan duniawi sebagai mana kegiatan yang di lakukan sejari-hari saat tidak melaksanakan hari raya nyepi atau sunyi.

Dalam pelaksanaan hari raya nyepi ini sangat beda dengan tahun 2019 lalu,.Karena saat ini bersamaan dengan hari larangan kegiatan yang melibatkan orang banyak, Lantaran dalam situasi pandemi covid-19 dan pembatasan pemnerlakuan kegiatan masyarakat.

Seperti kegiatan yang di gelar oleh umat hindu yang berada di Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung. Kabupaten Tulang Bawang ini nampak tak semeriah pada tahun lalu,.Perayaa penyambutan ini nampak cuma.di iringi doa biasa dan penggelaran patung ogoh-ogoh secara sederhana. Dan hanya di gelar atau di arak dilingkungan,.Tidak diperbolehkan di gelar dengan cara di arak.

Mangku Puseh Desepekeraman Mekar Dewata, Merupakan Tokoh Agama Hindu yang memimpin di Lingkungan, Ia mengatakan bahwa kegiatan menyambut tahun baru saka ini di gelar.secara sederhana.

“Hari ini akhir tahun saka yang menginjak ke tahun baru, sehingga kami menggelar upacara permohonan do’a untuk umat hindu dan dunia, agar menjadi lebih baik serta dijauhkan dari musibah dan penyakit,.serta kami akan menggelar upacara penyingkiran para makhluk jahat agar kembali ke tempatnya dan tidak mengganggu umat manusia lagi”.ujarnya. (Ibram)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *