Panen Raya, Petani Kecewa Harga Gabah Turun

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawang. Setelah musim panen raya padi tiba petani dikecewakan dengan murahnya harga jual. Mereka berharap perhatian pemerintah jika petani telah berhasil dengan tanaman padinya.

Seharusnya ketika musim panen tiba para petani ini dapat merasakannya bersyukur dengan harapan rezeky berlimpah ruah, Namun ternyata tidak dengan petani di kampung Hargo Mulyo Kecamatan Rawajitu Selatan,Para petani ini mengeluh dengan hasil panen mereka.

Suprayitno (52), petani yang memiliki umur separuh abad ini sangat kecewa dengan harga gabah saat ini, lantaran tidak sesuai harapan lantaran tidak sesuai dengan modal tanam. “Harga gabah basah sekarang perkilo 3800, yang sebelumnya harga 4400 perkilogram, kami para petani sempat bersyukur dengan harga 4400 kemarin tapi tiba-tiba hari ini harganya turun secara drastis menjadi 3800, hati kami sebagai petani merasa kecewa karena harga turun”. Katanya pada media bintangsatu.com

“Sepertinya ini permainan oknum tengkulak, karena sekarang menjelang bulan puasa dan lebaran, mungkin perhitungannya kami sebagai petani sangat perlu uang dan harga murah pasti di jual, tapi mereka tidak pernah melihat dan mengetahui seberapa modal yang kami keluarkan untuk tanam padi ini, jika ini terus di permainkan dan di manfaatkan oleh para oknum, kami sepakat akan jual beras dan tidak lagi jual gabah,Karena gabah kering saja harganya 4500 namun kami tidak pernah jual gabah kering”.imbuhnya.

Jika dilihat dari pasilitas umum seperti jalan dan kendaraan, akses menuju Rawajitu Selatan saat ini sangat mudah dijangkau, tidak seperti pada tahun sebelumnya yang sulit namun harga gabah mahal, namun saat ini akses jalan mudah dan dapat dilalui tetapi harga gabah turun. Para petani di kecamatan Rawajitu Selatan ini berharap kepada pemerintah untuk menyetabilkan harga gambar di panen raya ini sehingga tidak di manfaatkan oleh oknum tengkulak yang akan memanfaatkan situasi saat ini. Serta Bulog dapat melakukan penyerapan gabah untuk Setok logistik di 3 kabupaten, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji.

Ratusan hektar lahan padi ini telah melakukan panen raya secara serentak dan dengan hasil padi yang baik, ini harus menjadi perhatian pemerintah dalam penanganan harga gabah yang murah dan selalu terjadi penurunan. Pemerintah harus memliki solusi dalam mengatasi turunnya harga gabah. ( Kusno)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *