Petani Melon Terancam Merugi, Akibat Harga Melon Terjadi Anjlok

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawang. Para petani buah melon saat ini mengeluhkan harga jual yang tidak stabil, Sehingga ia terancam gulung tikar. Hal ini akibat anjloknya harga melon di pasaran pada minggu ini (17/4/2022).

Turunnya harga buah melon perkilogram ini dirasakan oleh petani melon yang berada di Kampung Mekar Jaya, Kecamatan Banjar Margo.Harga saat ini kisaran 4500 perkilogram, jauh jika dibandingkan pada harga pekan lalu.

Sugito (57) Salah satu petani melon di kampung tersebut terancam gulung tikar, lantaran harga jual dan modal tidak seimbang. “Sekarang kami pasrah saja mas dengan kondisi harga buah melon saat ini, sekarang harga peklrkilogram 4000 hingga 4500, sangat murah sekali jika dibandingkan pada 2 pekan lalu saat saya belum panen, karena ini tidak sesuai dengan modal yang kami keluarkan, 2 pekan lalu perkilo itu mencapai 10.000 dan bahkan ada yang lebih dari harga itu”, ucapnya

“untuk mensiasati modal kembali, terpaksa saya keliling kampung untuk jualan kewarga, lumayan harga perkilogram bisa 6000 hingga 7000,beda lagi jika ada yang datang sendiri ke kebun kami, harga kami beri 5500 perkilogram, dengan siasat ini semoga bisa pulang modal meski tidak dapat untung”. Imbuhnya

Sugito berharap adanya kenaikan harga jual buah melon hasil panen miliknya. Sehingga para petani yidak jera akibat dugaan adanya permainan mafia tengkulak maupun agen dipengepul masing. (Firmanto)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *