Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK)

Spread the love

Bintangsatu.com,-LAMPUNG-UTARA Anggota DPRD Provinsi Lampung, Drs, Yosie Rizal., MH menggelar sosialisasi ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) kepada sejumlah Pengurus dan anggota Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) kabupaten Lampung Utara (Lampura) Sabtu, 23/04/22.

Yose Rizal, yang juga Ketua DPC PDIP kabupaten Lampura dalam sambutannya mengungkapkan sosialisasi IPWK seyogyanya bukan saja menjadi kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan oleh anggota DPRD Provinsi Lampung namun juga dengan kegiatan tersebut masyarakat lebih mengetahui bahwa hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia bahwa ideologi negara tidak bisa di rubah secara inkonstitusional.

“Hadir saya disini ingin memastikan bahwa keberagaman, toleransi dan semangat gotong royong masih tetap terjaga di tengah masyarakat, tidak boleh mengaku ‘paling’ benar. Pancasila sebagai ideologi negara mengkamodir apa yang menjadi hak masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” ujar bang Yose panggilan akrabnya.

Anggota DPRD Provinsi Lampung tersebut juga mengatakan bahwa pihaknya melakukan kegiatan Diklat tersebut sebagai pelaksana kegiatan dari Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP) serta menjadi satu satunya Lembaga wakil rakyat yang mengadopsi ideologi pancasila dan Kebangsaan menjadi kegiatan rutin anggota DPRD.

Sementara itu, I Gusti Risnani, S, Ag pemateri di acara tersebut mengungkapkan pentingnya nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, jangan sampai masyarakat menjadi korban dari ideologi ideologi yang tidak pancasilais.

“Sekarang banyak, oknum yang menyebarkan faham radikalisme, jangan sampai kita lengah, apalagi lupa bagaimana bangsa Indonesia yang memiliki banyak ragam agama, budaya dan ras bisa bersatu dan mengikrarkan dirinya sebagai bagian dari bangsa Indonesia,” tambah Gusti yang diketahui menganut agama Hindu itu.

Gusti yang juga putri dari seorang purnawirawan TNI AL itu menyebutkan saat ini banyak oknum pemuka agama tertentu yang dengan sengaja mengajarkan intolerans mengatasnamakan agama.

“Mari kita rawat ke khebenikaan yang telah ditanamkan oleh para pendiri bangsa, LMPP yang notabene adalah ormas yang berazaskan Pancasila harus menjadi garda terdepan dalam menjaga ideologi Pancasila, jangan sampai faham faham radikal tumbuh subur di bumi Indonesia tercinta nya,” pungkas Gusti.

Acara sosialisasi tersebut disambut antusias oleh Ormas LMPP karena apa yang disampaikan oleh pengisi materi dan sambutan Drs. Yosie sejalan dengan marwak dan arah LMPP, tampak hadir Santory selaku ketua LMPP setempat Pengurus Marcab dan Pengurus MAC se kabupaten Lampura. (Heriyanto)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *