Ormas LMPP Marcab LU Apresiasi Sat Reskrim Tangkap Oknum Pejabat

Spread the love

Bintangsatu.com,-LAMPUNG UTARA-Pengurus Markas Cabang (Marcab) Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) Kabupaten Lampung Utara, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Unit Tipikor Reskrim Polres Lampung Utara.

Dua oknum pejabat ASN Lampung Utara di amankan unit tindak pidana korupsi (Tipikor) Sat Reskrim Polres Lampung Utara
Di duga melakukan tindak pidana korupsi penggunaan anggaran kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) kepala desa se-kabupaten Lampung Utara T.A 2022 pada Rabu (27/04/22).

“Sebagai Ormas yang bersinergi dengan pemerintah namun tetap mengedepankan fungsi kontrol sosial, tentunya dalam hal ini, memberikan apresiasi dan salut kepada pihak kepolisian, karena selama ini hal hal yang berbau pungli dan korupsi jamak terjadi namun jarang yang tersentuh hukum,” ujar Heriyanto selaku Sekretaris Marcab LMPP.

Dia menambahkan korupsi di bumi Ragem Tunas Lampung (Ratula) seakan tiada habisnya, mulai bupati yang kena OTT hingga para pejabat dan diduga yang tertangkap tersebut jumlah nya belum seberapa karena di sinyalir duga korupsi bukan hanya di tataran Kabupaten, di desa desa dan mirisnya lagi di dunia pendidikan seperti sekolah yang menggunakan dana BOS rentan di korupsi meskipun jumlah yang di kuntit atau yang di korupsi tidak begitu besar.

“Kalau pihak kepolisian atau instansi berwenang lainnya betul betul serius memberantas korupsi, coba penggunaan dana desa dan dan BOS juga di telusuri, bisa dipastikan ada unsur korupsi dan yang paling sering terjadi adalah me mark up harga,” tambah Heriyanto.

Sebelum nya, dua oknum pejabat di lingkungan Pemkab masing masing IAS (salah satu oknum Kabid pemdes PMD), NG (oknum Kasi dinas PMD) dan seorang sebagai penyelenggara bimtek NF di amankan unit Tipikor Sat Reskrim Polres Lampura.

Ketika memberikan keterangan pers, Kapolres Lampung Utara AKBP Kurniawan Ismail SH. SIK. MIK di dampingi Kasat Reskrim AKP Eko Rendi Oktama SH mengatakan bahwa penangkapan berawal dari laporan informasi kemudian pihak kepolisian melakukan pemeriksaan para saksi dan di lanjutkan dengan serangkaian penyelidikan yang akhirnya menangkap dua oknum terduga pelaku berhasil kita amankan di wilayah Kotabumi pada tanggal 26/4/2022 dan seorang lagi sebagai penyelengara bimtek NF di wilayah Bekasi Jawa Barat pada Ke esokan hari nya atau tanggal 27/4/2022.

Terkait kronologis, Kapolres AKBP Kurniawan menerangkan pada bulan maret Tahun 2022 telah berlangsung kegiatan bimtek pra tugas bagi Kepala Desa terpilih serta pembekalan wawasan kebangsaan se-kabupaten Lampung Utara yang dilaksanakan selama 7 (hari) hari yaitu sejak tanggal 26 Maret s/d 01 April 2022 di hotel Horison Bandar Lampung

Tanggal 26 – 27 Maret 2022 di Wilayah Bandung Jawa Barat, tanggal 28 – 31 Maret 2022 dan tanggal 1 April 2022 Peserta tiba di Lampung Utara dengan penyelenggara Lembaga bina pengembangan potensi dan inovasi Desa (BPPID).

Dalam Kegiatan tersebut peserta/ Kepala Desa mengeluarkan Anggaran Rp. 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu ruipiah) per peserta/ Desa dari sumber anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022 masing-masing Desa, jumlah peserta yang mengikuti Bimtek sebanyak 202 Perserta sehingga apabila di kalkulasikan anggaran berjumlah Rp. 1.515.000.000,- (Satu Milyar lima ratus lima belas juta rupiah)

Diduga dalam pelaksanaan Bimtek tersebut telah terjadi penyimpangan penggunaan anggaran dalam bentuk pemberian Gratifikasi yang dimungkinkan akan menjadi celah terjadinya korupsi yang dapat berdampak pada timbulnya kerugian keuangan negara.
Oleh karena itu, selanjutnya akan dilakukan pendalaman lebih lanjut terkait kasus ini, apakah adanya oknum lain yang terlibat dalam permasalahan ini.

Barang bukti yang kita sita antara lain uang tunai sejumlah Rp 36.950.000 (Tiga puluh enam juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah, kartu ATM buku Rekening hand phone, laptop serta berkas berkas kegiatan bimtek lainnya.

Saat ini para terduga pelaku telah berada di Mapolres dan tengah kita lakukan proses penyidikan (Mael)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *