Hewan Terpapar PMK, Dagingnya Masih Dapat Dikonsumsi

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawang Barat. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, minggu siang berkunjung di Tiyuh Mulya Jaya Kecamatan Gunung Agung. Kunjungannya tersebut merupakan peninjauan hewan sapi yang terpapar PMK.

Disela-sela sambutannya, Syahrul menjelaskan bahwa hewan ternak yang terpapar Penyakit Mulut dan Kaki dagingnya masih layak untuk dikonsumsi, namun dengan protokol proses pemasakan.

“Hewan yang terpapar penyakit mulut dan kaki ini dapat dikonsumsi oleh manusia, karena virus tersebut tidak menyerang manusia, namun harus mematuhi protocol proses pemasakan”. Terang Syahrul

Ia pun menambahkan bahwa yang tidak layak untuk dikonsumsi adalah dalaman hewan dan juga disekitaran kepala, karena itu merupakan pusatnya serangan virus.

“Daging dimasak dengan panas 60 hingga 80 derajat, dan selama 15 hingga 30 menit, menurut dokter virus tersebut dapat mati, jadi jangan khawatir bagi anda sebagai petani atau peternak bahwa hewan tersebut masih dapat dimakan”. Imbuhnya

Ia pun menghimbau kepada masyarakat bahwa jangan mudah ada pihak memprovokasi jika virus tersebut berbahaya, dengan tujuan membeli hewan ternaknya dengan harga murah atau dibawah standar.

Kepala Dinas Peternakan, Tulang Bawang Barat mengatakan, Bahwa dihari raya qurban nanti, Dinas menyatakan hewan qurban dalam kondisi aman.

 (Tim Liputan)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *