Ponpes Nurul Fattah mengadakan karnaval untuk melestarikan budaya nusantara

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawang. Pondok Pesantren Nurul Fattah merupakan pondok pesantren yang mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik segi fisik maupun non fisik. Hal itu bisa di lihat dari kegiatan dan pembangunan ponpes yang terus berjalan, tanpa henti. Ponpes Nurul Fattah terletak di jln AH Nasution, kampung penawar jaya Rt 05 Rw 03 kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.

Pada tanggal 13 juni 2022 Ponpes Nurul Fattah mengadakan Karnaval yang di ikuti oleh beberapa lembaga pendidikan formal yang di naunginya. Adapun lembaga pendidikan formal yang di naunginya yaitu TK-PAUD Nurul Fattah, SD IT Nurul Fattah, SMP IT Nurul Fattah, SMK Nufat.

Pada karnaval tersebut ponpes Nurul Fattah mengusung tema “melalui budaya memperkuat nusantara”.
“Karnaval ini memang anak-anak di tugaskan untuk memakai pakaian cosplay pak, jadi boleh memakai pakaian tradisional maupun pakaian modern.” Kata Isda Melza atau yang sering di sapa bunda isda selaku kepsek TK-PAUD Nurul Fattah.
“bahkan ada anak yang memakai cosplay kuntilanak sama bawa keranda. Itu lucu banget sih pak. Haha…” lanjutnya sambil ketawa mengingat kejadian itu.

Selain itu Karnaval juga mengenalkan budaya nusantara yang sangat banyak sekali. Sehingga banyak anak-anak yang memakai pakaian adat. Contohnya pakaian adat lampung, pakaian adat jawa, pakaian adat sunda, pakaian adat timur tengah dan lain-lain.
“jadi, anak-anak zaman sekarang kan memang sudah tidak banyak yang mengenal budaya pak, maka tujuan karnaval ini menghidupkan kembali budaya yang banyak hilang di tengah masyarakat” kata M. Sholihin kepala sekolah SMP IT Nurul Fattah ketika di wawancarai tim kami.

“ Selain itu anak-anak ini sebenarnya habis ujian, sehingga kegiatan karnaval juga sarana healing bagi anak pak, kalau bahasa anak muda nya zaman sekarang”. Tambahnya.

Karnaval ini kurang lebih di ikuti oleh 500 orang dari kumpulan siswa, guru dan wali murid. Dan rute karnaval nya jalan kaki dari ponpes Nurul Fattah menuju ke bendungan Telaga Lumut wangi yang jaraknya kurang lebih sekitar 1,5 KM.

“ kegiatan nya bagus kok pak, murid juga seneng ikut kegiatan ini. Dan alhamdulillah kegiatan tadi tidak ada kendala. Harapan saya sih kegiatan karnaval di jadikan rutinan tiap tahun. Amin” kata bu sika salah satu wali murid SD IT Nurul Fattah (Red)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *