Akibat Limbah Pabrik Sawit,Ribuan Lalat Mengancam Kesehatan Warga

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawang Barat. Dalam satu bulan ini warga Tiyuh Sidomakmur dan Pancamarga Kecamatan Batu Putih Kabupaten Tulang Bawang Barat diresahkan dengan kemunculan hama lalat kepemukiman mereka.

Kemunculan hama lalat dengan jumlah besar ini diduga berasal dari limbah pengelolahan Pabrik Kelapa Sawit(PKS) tandan kosong salah satu perusahaan sawit yang ada di wilayah itu.

Agus Saputra tokoh pemuda tiyuh Sidomakmur menjelaskan kepada wartawan, Sabtu (23/8/2022) menyampaikan, kehadiran hama lalat dalam sebulan terakhir ini telah membuat warga resah, bahkan mereka terpaksa harus menutup jendela mereka untuk menghindari kemunculan hama tersebut.

“Sebulan terakhir koloni lalat yang begitu besar itu telah membuat masyarakat resah, karena lalat tersebut berkeliaran di luar dan di dalam rumah pada pagi dan siang hari,” katanya dikutip dari Antara.

Ia menyebut, untuk mengantisipasi kemunculan lalat itu para warga juga telah sering melaksanakan penyemprotan, meskipun begitu hama lalat masih terlihat banyak.

Dengan kehadiran lalat yang tidak wajar itu dikhawatirkan dapat menularkan penyakit kepada warga dirinya meminta kepada pihak Perusahaan PT BNCW Pancamarga terkait untuk segera melakukan penyemprotan Jagan mau hasilnya saja masyarakat yang menderita tegasnya

Setahu saya pihak perusahaan mengeluarkan hasil buah sawit dan pulang dari pabrik bawa tangkos untuk pupuk mungkin, tapi menyebabkan lalat berdatangan ke pemungkiman warga, tidak yang membuat resah warga. (Red)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *