Ponpes Nurul Fatah Panen Melon Harga Selangit

Spread the love

Bintangsatu.com.- Tulang bawang Pondok pesantren Nurul Fatah melakukan panen raya melon golden di Green house di desa Penawar Jaya kecamatan Banjar Margo . sabtu siang (29/10/2022)

Dalam panen raya yang kedua ini di resmikan langsung dari pimpinan pondok pesantren Nurul Fatah Ky. Zaenul Mustofa beserta BI Lampung Budiono, Kemenag Tulang Bawang Zaenal Arifin dan ketua Hebitren Hasanudin Erreza serta pengurus pondok pesantren yang ada di Tulang Bawang.

Buah melon yang dipanen merupakan jenis inthanon yang berasal dari Belanda. Pembudidayaan melon yang dilakukan oleh pihak Pesantren Nurul Fatah tersebut merupakan program kerja sama dengan Bank Indonesia untuk meningkatkan perekonomian pesantren dan masyarakat sekitar.

Pihak bank Indonesia Budiono mengatakan, progoram tersebut merupakan sebagai pemerataan perekonomian.

“Semoga melalui panen kedua di Green House Nurul Fatah ini Melon golden menghasilkan melon yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan perekonomian khususnya perekonomian pesantren,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan lahan terbatas panen perdana ini juga dapat meningkatkan nilai positif sehingga dapat meningkatkan juga nilai perekonomian pada masyarakat dan menjadi salah satu wisata melon yang ada di tulang bawang.

Sementara itu, Pengelola Green House ponpes Nurul Fattah Ky.Zaenul Mustofa mengatakan bahwa, tujuan green house mengembangkan melon jenis inthanon untuk menjadi tambahan ekonomi pesantren.

“Melon Sultan atau Sultannya Melon ini
Manfaat yang dirasakan pertama adalah sebagai sarana yang digunakan untuk melakukan pembibitan tanaman melon dan semoga ekonomi dipesantren kami dapat berkembang sehingga mampu memberikan nilai positif bagi para santri dan warga sekitar”. Ungkap nya

Ky. Zainul menjelaskan sulitnya perawatan dan penanaman melon golden.

“Tentu saja dengan cuaca yang sedang tidak menentu ini membuat tanaman mudah rapuh, maka dari itu dengan dibuatnya green house ini tentu saja dapat dijadikan sebagai sarana yang baik untuk melakukan pembibitan tanaman.
Maka dari itu jika diletakkan di dalam green house ini dinilai akan aman, sehingga tidak akan terkena penyakit lainnya yang ada di luar sana”. Imbuh nya

Tanaman melon yang didalam hreen house ini sebanyak 1500 batang serta setiap batang memiliki 2 buah, sementara harga jual buah melin ini termasuk paling mahal.jika dibandingkan dengan melon pada umumnya.

Harga melon golden ini perkilo gramnya mencapai 35 ribu rupiah, sehingga penjualannya ini langsung diambil oleh pelapak yang sudah bermitra dengan Hebitren. (Firmanto)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *