Aklamasi! Dwi Cristianto Nahkodai Pimpinan Pusat IWO

Spread the love

Bintangsatu.com,-Palembang. Ratusan pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) se-Indonesia mengikuti Musyawarah Bersama (Mubes) II IWO 2023 di ballroom Hotel Duta Palembang yang rencananya digelar dua hari, Minggu-Senin, 3-4 September 2023.

Dari pantauan di lokasi, Mubes II IWO yang direncanakan berlangsung selama dua hari itu pada akhirnya selesai dalam satu hari dan menetapkan Dwi Cristianto sebagai Ketua Umum PP IWO secara aklamasi, yang mana sebelumnya ia menjabat sebagai Sekjend PP IWO.

Diketahui, Mubes II IWO 2023 merupakan kegiatan pertemuan wartawan yang tergabung dalam IWO, terdiri dari Pengurus Pusat (PP), Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Daerah (PD) se-Indonesia dalam rangka musyawarah, menentukan arah bahtera organisasi melalui pemilihan Pengurus Pusat (PP) IWO yang dilakukan rutin per lima tahun.

Ketua Panitia Pelaksana Mubes II IWO, Surono mengatakan, kegiatan musyawarah IWO dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari 29 PW dan PD IWO yang hadir secara langsung di Palembang, serta 6 PW dan PD IWO yang mengikuti jalannya acara melalui zoom meeting, total sekitar 35 PW dan PD IWO se-Indonesia.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 3 sampai 4 September 2023 di Hotel Duta Palembang, dengan agenda Pembahasan AD/ART dan Pemilihan Ketua Umum PP IWO Periode 2023-2028. Tema kegiatan “Menegakkan Independensi, Menjaga Marwah Profesi,” kata Surono dalam laporannya, Minggu, 3/9/2023.

Tempat yang sama, Ketua PW IWO Sumatera Selatan, Efran mengatakan pihaknya ditunjuk secara langsung oleh PP IWO untuk melaksanakan Mubeslub IWO sebagai tuan rumah pada Juni lalu. Dia mengakui hal itu sebagai suatu tantangan yang besar, mengingat sebagian anggota PW dan PD IWO di sejumlah wilayah dan daerah punya pandangan yang lain.

“Pelaksanaan Mubes II IWO di Palembang adalah takdir dari yang maha kuasa. Melalui PP IWO yang menunjuk kami pada Juni yang lalu, untuk melaksanakan Mubes II IWO ini, dan kita sama-sama berjuang dalam menyukseskan pelaksanaan Mubes ini hingga akhirnya terlaksana pada hari ini,” kata Efran.

“Kita sama-sama tahu, bahwa sebagian teman-teman kita itu punya pandangan yang lain. Seperti bagaimana yang teman-teman tahu, bagaimana upaya kita sehingga Mubes II IWO ini digelar, ini merupakan bukti bahwa kemauan kita dan persatuan kita tak tergoyahkan,” sambungnya.

Menurutnya, keberadaan wartawan dalam organisasi IWO harus dapat menjaga kewarasan, sebab, selama ini ada perbedaan pandangan yang tidak sinkron dalam tubuh organisasi, maka diharapkan melalui Mubes II IWO di Palembang, nantinya bakal terpilih Ketua PP IWO yang bisa menyelesaikan persoalan internal tersebut sampai tuntas.

“Saya yakin orang orang yang hadir dalam Mubes II ini merupakan orang-orang yang benar-benar menjalankan roda organisasi dengan baik. Kenapa kami sampai hari ini berpegang teguh menjalankan Mubes II IWO ini? Kami bukan membela kepentingan beliau, Jodhi Yudhono secara pribadi. Tapi kami sudah berkoordinasi dengan penasehat hukum kami, dan penasehat hukum kami menilai bahwa Ketum Jodhi Yudhono adalah ketua yang sah,” bebernya.

“Harapan saya, dengan terpilihnya ketua umum yang baru nanti, semoga semua masalah yang kita alami ini akan bisa terselesaikan. Mari, nanti kita benar-benar dukung ketum yang baru terpilih ini nanti. Dan pesan terakhir saya dalam sambutan ini adalah, seperti apa pun kebenaran itu maka harus kita suarakan dengan lantang!” timpalnya.

Sementara itu, Demisioner Ketua Umum PP IWO, Jodhi Yudono menyebut usia IWO sudah menginjak 11 tahun. Dia menganalogikan organisasi profesi wartawan online itu ibarat gadis molek yang menarik perhatian banyak orang.

“Usia 11 tahun itu, artinya eksistensi IWO semakin berkembang dengan pesat. Mengingat kemajuan teknologi dan informasi di era digital saat ini yang juga makin berkembang, maka IWO ini ibarat gadis molek yang menarik, sehingga banyak pihak-pihak yang naksir, banyak juga orang-orang yang tidak berkepentingan menginginkan IWO,” kata Jodhi.

“Terima kasih untuk teman-teman yang setia kepada IWO, bukan setia pada saya ya, tapi setia kepada IWO,” lanjutnya.

Terakhir, Ketua Umum PP IWO terpilih, Dwi Christianto menjanjikan beberapa hal yang akan dilakukannya, pasca keputusan Mubes II IWO yang memutuskan memilihnya sebagai Ketua PP IWO Periode 2023-2028.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diamanatkan kepada saya. Selambat-lambatnya dua tahun. Jika dalam tempo 2 tahun IWO tidak bisa menjadi konstituen Dewan Pers, maka saya akan mundur dari jabatan Ketua Umum PP IWO,” kata Dwi Christianto.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Demisioner Ketua PP IWO Jodhi Yudhono, Ketua Umum terpilih PP IWO Dwi Cristianto, Bendahara PP IWO Nathalia, Waka Pendam Kodam II/Sriwijaya Letkol Inf Deni Suhendra, Kasat Intel Polresta Palembang AKBP Yulianto, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel, serta ratusan peserta Mubes II IWO. (Dicky)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *