Di Duga Hendak Gelapkan Beras Bantuan, Malah Ketahuan Penerima

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawang. Bantuan pemerintah memang tidak seberapa jika dihitung perpenerima, namun jika di hitung secara akumulasi pasti banyak dan ini menjadi incaran oknum yang memiliki niat mencari keuntungan pribadi.

Hal ini terjadi di desa Paduan Rajawali kecamatan Meraksa Aji pada senin siang, (18/12/2023). Pembagian beras untuk keluarga belum sejahtera ini diduga akan digelapkan oleh oknum yang bertugas di kantor balai desa setempat.

Penerima beras bantuan untuk keluarga belum sejahtera ini sengaja berasnya tidak diserahkan oleh oknum petugas dan beralasan hendak dialihkan ke penerima lainnya.

YL (36) warga rt 20 rw 2 desa Paduan Rajawali ini mengaku sempat bersitegang, lantaran beras jatah miliknya tidak diserahkan dengan alasan YL tidak lagi menerima dan akan dialihkan ke penerima lainnya.

YL menjelaskan bahwa namanya terdaftar dalam lembar penerima bantuan beras 10 kilo gram sejak beberapa tahun lalu sesuai data dalam rekap penerima bantuan yang ada di desa.

“Kalau memang saya tidak menerima lagi tolong tunjukan daftar nama-nama yang akan menerima, ada atau tidak nama saya”, Pinta YL kepada petugas pembagian inisial SY.

“Lihat dari barcode yang ada itu, itu sebagai bukti pemvalid tan data lewat barcode yang sudah tertera pada lembar itu, kenapa bingung “. Imbuhnya

Menurut YL para petugas kebingungan saat hendak membarcode menggunakan Hp, menurut YL para petugas belum terbiasa mereka lakukan, hal ini diduga adanya rencana penggelapan dari penerima dan tidak tahu akan di kemanakan.

YL berharap managament pembagian bantuan ini dapat memahami daftar nama penerima yang diperkirakan berjumlah 185 orang, terhitung dari keluarga belum sejahtera hingga lanjut usia.

Setelah terjadi perlawanan cekcok mulut akhirnya beras tersebut diserahkan kepada YL selaku penerima manfaat beras 10 kilo gram, peristiwa ini harus menjadi kajian dan perlu dilakukan pengawasan oleh pemerintah daerah atau dinas terkait.

Baik dan buruknya pemerintah berawal dari prilaku pemerintah itu sendiri, bagaimana cara melakukan pencegahan terhadap oknum yang diduga hendak melakukan kecurangan ,biasanya masyarakat yang membongkar atau melapor untuk kebaikan malah terancam oleh para oknum nakal.

Jika pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang mau baik, maka segera lakukan penertiban oknum yang nakal dan jalankan fungsi Dinas terkait sesuai tanggung jawabnya. (Red)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *