Petani Sawah Terancam Gagal Panen Akibat Curah Hujan Tinggi

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawang. Petani padi di area persawahan khawatir akan terjadinya gagal panen pada musim tanam saat ini, hal tersebut disebabkan tingginya curah hujan yang merendam area persawahan. (10/1/2024)

Hamparan sawah di desa Bumi Sari kecamatan Rawapitu nampak rata akibat tertutup genangan air,. Hal ini tidak adanya pembuangan air dari sawah ke sungai atau irigasi, lantaran kanal dalam kondisi dangkal dan kotor.

Parman (46) seorang petani mengatakan jika pada saat memasuki musim penghujan saat ini seharuanya sudah banyak yang membuka lahan untuk persiapan tanam tahap satu. Karena curah hujan yang tinggi maka para petani enggan garap lahan.

Mereka khawatir akan mengalami gagal panen yang disebabkan genangan air pada sawah mengakibatkan batang padi membusuk, para petani berharap agar pihak terkait dapat memberikan bantuan untuk membersihkan kanal atau irigaai yang sudah dangkal serta aliran air tidak lancar.

“Tahap tanam saat ini sepertinya kami akan mengalami gagal panen, karena padi yang sudah kami tanam terendam air dari luapan irigasi atau kanal yang dangkal, apalagi banyak petani yang membendung irigasi sehingga air masuk ke area persawahan yang sebabkan tanaman padi kami terendam”. Ujarnya

Para petani berharap agar dinas pertanian dan pekerjaan umum dapat membantu membenahi irigasi agar air dapat mengalir secara lancar dan sesuai harapan petani di kecamatan Rawapitu yang merupakan salah satu lumbung pangan di Lampung. (FAR)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *