Yani : BLT Kami Serahkan Kepada KPM Sesuai Jumlah Haknya

Spread the love

Bintangsatu.com,-Tulang Bawang Barat. Pengguliran dana desa oleh pemerintah untuk desa atau tiyuh sudah mulai di kucurkan ke masing-masing desa atau tiyuh, Salah satunya Perealisasian dana desa ini di terima oleh Tiyuh Tunas Jaya Kecamatan Gunung Agung.

Dana desa atau Tiyuh ini diterima untuk kemajuan desa atau tiyuh, baik pembangunan,kesehatan dan perekonomian. Sesuai peraturan pemerintah nomor 104 Tahun 2021, dengan pembagian anggaran untuk masing-masing program.

Program yang di atur dalam Perpres nomor 104 tahun 2021 untuk realisasi 2022, dengan rincian 40% untuk Bantuan Langsung Tunai, 20% untuk Ketahanan Pangan, serta 8% untuk penanganan pencegahan Covid-19. Dan sebagian dana untuk digunakan sebagai operasional dan keperluan pemerintah desa atau tiyuh.

Seperti Tiyuh Tunas Jaya Kecamatan Gunung Agung, ia telah merealisasikan dana desa atau tiyuh untuk disalurkan kepada program pemerintah, seperti yang 40 persen digunakan untuk program Bantuan Langsung Tunai bagi warga yang layak menerima sesuai kriteria dan kesepakatan musyawaran tiyuh.

Sehingga Tunas Jaya terperinci warga yang menerima bantuan ini berjumlah 101 Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Setiap KPM menerima uang tunai sebesar 900 ribu untuk 3 bulan, terhitung pada bulan januari hingga maret ini. Sistem penyaluran yang di laksanakan oleh Tiyuh yaitu dor to dor kepada para kpm, dan tidak di bagikan di balai Tiyuh, guna menghindari kerumunan di masa pandemi Covid-19.

Menurut kepala Tiyuh Atau desa Yani, bahwa penyaluran ini sesuai dengan program pemerintah dan tidak ada pengurangan dana yang di terima oleh KPM. “Saya selaku kepala Tiyuh selalu mendampingi dalam penyaluran dana bantuan ini, sesuai dengan jumlah yang di serahkan yaitu 900 ribu, semoga dana tersebut dapat bermanfaat untuk warga kami dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang bermanfaat sesuai tujuan pemerintah”. Tutur Yani selaku Kepala Tiyuh Tunas Jaya. (Kusno)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *