Pembangunan Swakelola Miliaran Rupiah, Diduga Proyek S1LUM4N‼️

Spread the love

Bintangsatu.com,-Mesuji. Dari hasil investigasi Awak media terkait pekerjaan swakelola tanpa menggunakan papan nama kegiatan/anggaran, berakti diduga ada indikasinya sebagai salah satu trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring sumber anggaran darimana dan jumplah besarnya anggaran. Selasa, 23 Mei 2023

”Seharusnya pemasangan papan informasi kegiatan/anggaran itu dipasang sebelum atau saat dimulainya pekerjaan, agar pengawasan dari LSM dan Media juga seluruh masyarakat mengetahui anggarannya dan bisa memonitoring pekerjaan tersebut.

Pasalnya, pemasangan papan nama kegiatan merupakan implementasi azas transparansi, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan. Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik ( KIP ) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh negara wajib memasang papan nama proyek, memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

”Diungkap dari salah seorang pengguna jalan yang melintas BD( 39 ) mengatakan, diduga proyek ini proyek S1LUM4N karna pekerjaan sudah berjalan lama tapi papan nama anggaran proyek tidak ada.

”Ya termasuk kami khususnya masyarakat kayak kesannya seperti dibodohi karena sejak dimulainya proyek ini, sama sekali tidak ada terpasang papan nama informasi anggaran,”Imbuhnya.

Dengan adanya Hal itu awak media bintangsatu.com Edi langsung Komfirmasi Kepala Bidang Bina Marga PUPR Mesuji, Endra Oktafandi melalui via WhatsApp terkait tidak terpasangnya papan anggaran Rigid beton di Wilayah jalan Kecamatan Mesuji Timur.

”Kepala Bidang Bina Marga PUPR Mesuji, Endra Oktafandi menjelaskan, pekerjaan itu tenaga kerja nya yg di anggaran oleh APBD. Dan pekerjaannya swakelola, Matrialnya yg kita lelang.”jawaban Endra Oktafandi saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp miliknya.

Sementara ini, hingga berita diterbitkan belum juga ada papan nama kegiatan/anggaran, dan belum diketahui persis sumber anggaran juga jumplah besar anggarannya.(Ed)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *