Miris, Lumbung Pangan Di Kecamatan Mesuji Timur Terancam Gagal Panen, Apa Yang Terjadi?

Spread the love

Bintangsatu.com, – Mesuji. Malang tak dapat di tolak dan berhasil ketika panen adalah harapan petani, keluh kesah petani warga desa Pangkal Mas Jaya kecamatan Mesuji Timur menceritakan kondisi pintu air yang keadaannya sangat memprihatinkan. Selasa (09/01/24)

Mewakili petani desa Pangkal Mas Jaya setempat, ketua Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Mulya Sari Sukino dengan raut wajah sedih prihatin akibat keadaan pintu air yang tidak lagi berfungsi di wilayahnya.

“Petani di tempat kami ini kan sudah memasuki Masa Tanam satu (MT 1), saat ini kami kebingungan untuk mencari solusi dalam menghadapi curah hujan yang sangat tinggi, di tambah lagi dengan air pasang yang masuk di areal persawahan kami, karena klep pintu air itu sudah tidak lagi berfungsi,” keluh Sukino

Sukino berharap kepada pemerintah daerah kabupaten Mesuji melalui dinas pertanian untuk segera mengambil tindakan terhadap pintu air, agar petani sawah dapat mengaliri sawahnya secara normal.

“Kepada pemerintah daerah kabupaten Mesuji melalui dinas pertanian, kami petani di desa Pangkal Mas Jaya sangat berharap, agar kiranya pintu air di wilayah kami bisa segera diperbaiki sehingga petani di tempat kami tidak terjadi gagal panen,” tandasnya

Sementara menurut Sarno (52) mengatakan akibat pintu air tidak berfungsi dapat menyebabkan wilayah yang di klaim sebagai lumbung padi akan gagal panen yang disebabkan pembusukan pada batang padi yang ditanam akibat genangan air. (Muslim)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *